Best Practice Laundry Kiloan

Diposting oleh Hadi Kusworo pada

Bicara mengenai laundry kiloan kadang bagi pengusaha laundry masih dihadapkan pada kebingungan pada perlakuan untuk customernya, kenapa bingung ?? Karena customer pengennya cepat, rapi dan murah. Hal ini lah yang membuat pengusaha laundry terperangkap dalam dilema mau diturunin tarif laundrynya biar rame tapi omzet harian tidak akan cukup menutupi biaya operasional, gaji dan sewa . Hal ini karena ada keterbatasan jumlah produksi karena tuntutan customer yang harus rapi.

Mari kita urai satu-satu masalahnya bossque.

jika bicara laundry kiloan maka kita pake prinsip wash, dry, fold (cuci, kering, lipat) . Jangan terdistracted dgn harus rapi maka harus disetrika satu per satu layaknya laundry satuan tentu tarifnya juga harus beda. Rapi di sini cukup tekankan pada cucian yang tidak apek, wangi, kering dan packing yang rapi.

Bagaimana caranya ?

Gunakan mesin pengering komersial 

Pakaian yang dikeringkan dengan mesin pengering komersial akan tidak kusut dan siap dilipat. Sehingga membantu proses setrika. Jadi keuntungan menggunakan mesin pengering selain proses pengeringan lebih cepat proses setrika juga terbantu

Gunakan Setrika Uap

Gunakan setrika uap dengan seefektif mungkin, bedakan treatment laundry satuan dan kiloan. Pakaian yang sudah kering dari mesin pengering segera lipat dan setrika jangan dibiarkan terlalu lama dari pengering. Dan ingat supaya cepat lipat dulu pakaiannya baru ditindas dengan setrika , dengan setrika uap maka akan tembus depan belakang pakaian. 

Gunakan mesin cuci front loading

supaya lebih efektif lagi stack/tumpuk mesin cuci front loading dengan mesin pengering. Dengan stacking maka tidak  banyak perpindahan dan energi yang dibutuhkan.

Dengan demikian untuk cucian sebanyak 160 kg per hari cukup dikerjakan oleh 1 karyawan 

Anda juga dapat membuat promosi :

1 pelanggan 1 mesin cuci

3 jam selesai (wash, dry, fold)

Anda bisa membuat promo awal dengan tarif :

Rp. 3.000 x 160 kg (target rata2 harian) = 480.000 (omzet harian)

Dengan laundry yang murah cepat dan wangi maka tentunya akan menarik pelanggan yang sebelumnya tidak melaundry jadi melaundry

Bagaimana ??